Minggu, 05 November 2017

Penelitian Kualitatif #6



RISET STUDI KASUS

Definisi
Riset studi kasus yaitu riset yang mencukup studi tentang suatu kasus dalam kehidupan nyata, dalam konteks atau setting kontemporer. Penelitian studi kasus adalah pendekatan kualitatif yang penelitinya mengeksplorasi kehidupan nyata, sistem terbatas kontemporer (kasus) atau beragam sistem terbatas (berbagai kasus), melalui pengumpulan data yang detail dan mendalam yang melibatkan beragam sumber informasi majemuk dan melaporkan deskripsi kasus dan tema kasus. 
Ciri
Ciri dari riset studi kasus adalah (1) dimulai dengan mengidentifikasi satu kasus yang spesifik; (2) tujuan dari pelaksanaan studi kasus
Tipe
Tipe riset studi kasus adalah (1) studi kasus instrumental tunggal, peneliti memfokuskan pada isu atau persoalan, kemudian memilih satu kasus terbatas untuk mengilustrasikan persoalan ini;  (2) studi kasus kolektif (majemuk), yaitu satu isu/persoalan juga dipilih, tetapi peneliti memilih beragam studi kasus untuk mengilustrasikan isu/persoalan tersebut; dan (3) studi kasus intrinsik, yaitu studi kasus yang fokusnya adalah pada kasus itu sendiri karena kasus tersebut menghadirkan situasi yang tidak biasa/unik.
Prosedur
Prosedur riset studi kasus adalah (1) peneliti menentukan apakah pendekatan studi kasus sudah tepat untuk mempelajari permasalahan risetnya; (2) peneliti mengidentifikasi kasus/beberapa kasus mereka; (3) pengumpulan data meluas mengambil berbagai sumber informasi; (4) menganalisis data berupa analisis holistik
Tantangan
Tantangan yang dihadapi dalam riset etnografi adalah (1) peneliti harus memiliki pemahaman tentang antropologi kebudayaan, makna dari sistem sosial budaya, dan konsep yang biasanya dieksplorasi oleh mereka yang sedang mempelajari kebudayaan; (2) waktu yang dibutuhkan sangat banyak; (3) narasi ditulis dalam pendekatan literer yang mungkin akan membatasi audiensi dari karya tersebut; (4) terdapat kemungkinan bahwa peneliti akan menjadi “pribumi” dan tidak mampu menyempurnakan atau terancam gagal dalam studi tersebut.


Contoh
Contoh riset studi kasus yang saya ambil adalah riset dengan judul “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian pada Matakuliah Struktur Aljabar” yang dilakukan oleh Suci Yuniati. Pada riset tersebut, peneliti ingin mengetahui kesulitan siswa dalam kemampuan pembuktian, terutama dalam menyelesaikan permasalahan aljabar di antaranya ingin mengetahui letak kesalahan dan faktor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam soal pembuktian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiwa Pendidikan Matematika semester VI Universitas Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 50 mahasiswa. Dari penelitian tersebut, dapat diidentifikasi kesalahan mahasiswa yaitu: (1) kesalagan dalam menerima informasi; (2) kesalahan konsep; (3) kesalahan dalam menghitung; (4) kesalahan dalam memahami materi prasyarat. Dari analisis tersebut, penulis dapat meningkatkan proses pembelajaran untuk mengurangi kesalahan yang dibuat oleh mahasiswanya. 

Sumber:
Creswell, J. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Mengajar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar